Archive for June, 2016

Tips dan Trik Menghadapi Pati

Dari pengalaman  saya kemarin menghadapi pati yg harus di perhatikan adalah :

  • Datang tepat waktu :

Buat kalian- kalian yg besoknya mau pati di harapkan jangan tidur tengah malam yaa, karena itu akan jadi fatal kalau besoknya kalian ngantuk di ruangan pasti gak konsen deh seriusssssann

  • Duduk dengan tenang

Pada saat di ruangan jangan sampai ya duduk goyang sana goyang sini, fokuskan penglihatan dan pendengaran anda ke kakak pembina yg sedang menjelaskan.

  • Matikan hp di saat pelatihan atau di silent

iyaaapppp hp itu emang tidak bisa jauh dari kita, tapi kalau emang mau di nyalakan juga gpp kok asalkan hpnya di silent biar teman-teman kalian gak terganggu di saat pelatihan.

  • Jangan malu bertanya

ada pribahasa “malu bertanya sesat di jalan” udah pada tau kan pribahasa itu, tapi kebalikannya sama aku, aku malah di pelatihan jarang bertanya jadi buat kalian-kalian semua jangan di tiru yaww haha

Book Store UMM

Bookstore UMM diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2005. Sebagai salah satu unit bisnis Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam masa beroperasi Bookstore UMM telah mengalami perkembangan dari berbagai sisi meskipun dalam masa perkembangannya masih terdapat banyak kekurangan. terdapat beberapa kendala yang begitu mempengaruhi kinerja Bookstore UMM sejak beroperasi selama kurang lebih 4 tahun 4 bulan. Kendala tersebut masih dirasakan sampai sekarang misalnya jumlah mobilitas penjualan yang rendah.

Sampai saat ini Bookstore UMM telah memiliki 3 divisi yaitu divisi buku, divisi stationery dan divisi computer, dan beberapa waktu yang lalu Bookstore UMM mengembangkan satu divisi baru yang bekerjasama dengan pihak perorangan dengan membentuk unit usaha baru yang dinamai pusat souvenir UMM, dimana pihak perseorangan ini dipilih karena memiliki visi dan misi yang sama dengan universitas muhammadiyah malang. Pangsa pasar yang dituju oleh pusat souvenir ini terutama dari kalangan civitas UMM maupun kalangan non civitas diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih baik dalam perkembangan Bookstore UMM di masa sekarang dan masa mendatang. 3 (tiga) divisi yang dimiliki Bookstore UMM ini berada 1 (satu) lantai dengan display yang terbagi sebelah barat untuk display divisi alat tulis kantor dan sebelah timur untuk display divisi buku dan divisi computer.

IMG_6253 - Copy

Berpijak pada rencana jangka panjang Bookstore UMM yang mengacu pada beberapa toko di area Malang dan sekitamya, Bookstore berupaya mengembangkan konsep baru dalam upaya promosi atas Bookstore UMM, penciptaan brand baru dalam menunjang proses pemasaran mulai dikembangkan sejak November 2010. Berpijak pada kondisi real Bookstore UMM dimasa sekarang, akan dikembangkan sebagai One Stop Market Of Education n Shopping.

umm.ac.id/id/page/0102081407/bookstore

Hotel UMM / UMM-Inn


UMM Inn adalah hotel pendidikan pertama di Malang. Hotel ini berada 3 mil dari pusat kota Malang dan dekat dengan Kota Batu. Hotel ini juga merupakan tempat sempurna untuk pertemuan, konferensi, dan seminar sekaligus menyediakan pelayanan yang mudah yang bagi kebutuhan berbagai tema pesta yang sesuai dengan kebutuhan.

IMG_6250 - Copy

Pengunjung akan bisa menikmati perpaduan nuansa elegan yang bercitarasa modern, nyaman, dan bernuansa klasik dari 40 ruang tamu dan suite yang unik. Kami menjamin Anda akan menemukan perbedaan yang membuat kami menjadi pilihan favorit di antara hotel di Batu dan Malang

umm.ac.id/id/page/06060102/hotel-umm-inn

RS. UMM & Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono

https://julfianajm.files.wordpress.com/2015/09/rs-umm.jpeg

Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang diresmikan oleh Presiden Ke-5 Republik Indonesia oleh Ibu Hj. Megawati Soekarno Putri pada tanggal 17 Juni 2014 di bangun diatas lahan dengan lokasirumah sakit tidak jauh dari Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang yaitu tepatnya di sebelah timur terminal Landungsari.

Berdiri diatas tanah seluas 9 hektare dan memiliki bangunan utama setinggi 6 lantai dan beberapa bangunan gedung penunjang setinggi 5 lantai dan gedung rawat inap setinggi 3 lantai. Bentuk bangunan yang megah dan tertata rapi dengan ciri khas arsitektur tiongkok, men

IMG_6226 - Copy

Jadikan RS Universitas Muhammadiyah Malang ini mudah dikenali oleh segala lapisan masyarakat.Keberadaan RS UMM merupakan bagian dari layanan kesehatan berusaha untuk memberikan pelayanan  terbaik bagi seluruh pasien. Mengusung motto “pelayananku, pengabdianku” mendorong RS UMM agar terus dan terus belajar meningkatkan layanan yang memuaskan masyarakat.

http://hospital.umm.ac.id/

IMG_6232 - Copy

Masjid yg bernuansa Tiongkok ini sangat istimewa tepat di depan RS UMM, masjid ini dibangun oleh komunitas Muslim Tionghoa Indonesia tapi justru dibangun oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Ketika Universitas Muhammadiyah Malang berencana membangun sebuah Rumah Sakit lengkap dengan fasilitas Masjid, Rektorat UMM memutuskan untuk memprioritaskan pembangunan masjid agar segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, dan setelah beberapa kali berganti design ahirnya diputuskan untuk membangun sebuah masjid dengan arsitektur Tiongkok.

Rektor UMM Dr. Muhadjir Effendy, MAP memberi nama masjid itu dengan nama Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono, Nama seorang tokoh pelopor Muhammadiyah di Malang. gaya arsitekturnya khas dengan bentuk bangunannya yg begitu eksotis dengan nuansa warna merah putih yg kental Tionghoa.

TR. Sengkaling dan SEKUL / Sengkaling Kuliner

Taman Rekreasi Sengkaling terletak di  Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar10 km dari pusat Kota Malang. Lokasinya sangat strategis karena tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara Kota Malang dengan Kota Batu, sehingga sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Taman Rekreasi Sengkaling Malang adalah tempat wisata keluarga, sesuai dengan slogannya Wisata Air Impian Keluarga, dan menyediakan berbagai macam wahana permainan demi memanjakan pengunjung, di antaranya adalah taman bermain, wahana permainan di darat danair, gedung serbaguna, dan kolam pemandian. Luas keseluruhan Sengkaling sekitar 9 hektar dan 6 hektar di antaranya berupa taman dan pepohonan yang menyejukkan. Taman Rekreasi Sengkaling dibuka setiap hari, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Hal ini dimaksudkan untuk memberi keleluasaan kepada masyarakat yang akan melakukan rekreasi sekaligus bersantai bersama  keluarga.

IMG_6266 - Copy

Taman Rekreasi Sengkaling pertama kali didirikan oleh seorang warga Belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950 dan sempat dikelola oleh Mochtar warga dari Padang. Ketika dikelola Mochtar, Sengkaling selalu tutup pada hari Jumat. Sejak tahun 1975 sampai sekarang, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling ini diambil alih oleh PT. Bentoel Group dan dikelola oleh PT. Taman Bentoel. PT. Taman Bentoel, merupakan salah satu anak perusahaan Bentoel Group yang bergerak di bidang jasa pariwisata dalam bentuk taman rekreasi. Jika dahulu pada awal beroperasinya Taman Rekreasi Sengkaling ini, hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel. Tapi seraya perkembangannya, Taman Rekreasi Sengkaling lantas dibuka untuk umum. TamanRekreasi Sengkaling dengan luas tanah keseluruhan 9 hektar, terbagi atas 6 hektar yang lain masih berupa taman dan pepohonan hijau yang rindang. Tempat wisata ini mempunyai berbagai fasilitas yang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan tempat wisata yang lain. Salah satunya adalah wisata airnya  yang berasal dari sumber alami pegunungan. Konon, salah satu sumber yang ada yaitu Kolam Tirta Alam, dipercayai bisa membuat orang awet muda dan sampai saat inipun masih banyak masyarakat yang mempercayainya.

Alamat Taman Rekreasi Sengkaling:
Jl. Raya Mulyoagung 188 Malang

http://www.umm.ac.id/id/page/06060114/taman-rekreasi-sengkaling.html

Masjid AR. Fahruddin & SPBU UMM

 

Masjid AR. Fachruddin dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden BJ. Habibie (Presiden RI ke 3) pada tahun 1998. Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang dimanfaatkan selain untuk tempat peribadatan juga untuk perkuliahan dan perkantoran.

Lokasi masjid adalah di tepi jalan raya tlogomas, akses jalan ke arah kota batu. Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat eksotik. Oleh karena letaknya yang strategis, maka masjid AR. Fachruddin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.

Tempat peribadatan berada dilantai 3 sampai lantai 5. lantai 2 digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan aula. Lantai 1 digunakan untuk perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi.

IMG_6235 - Copy

Masjid AR Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang memiliki arah kiblat yang sudah tepat (shahih) dan telah dibuktikan oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh sivitas akademika maupun masyarakat umum.

umm.ac.id/…/01040301/masjid-ar-fachruddin

IMG_6241 - Copy

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) UMM akan dibangun di sebelah Barat Masjid AR. Fachruddin, tepatnya di sebelah kiri pintu keluar Barat kampus III UMM. Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa.

Pada saat ini, rencana pembangunan masih dalam tahap penataan lahan dan mengurus perijinan. Desain bangunan dan interior sudah dibuat, baik dalam bentuk paper project maupun animasi.

SPBU UMM akan dilengkapi dengan cafetaria dan resting area yang bertempat di lantai dasar. Pendirian SPBU ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM sangat banyak dengan kebutuhan bahan bakar kendaraan sangat tinggi. Selain sebagai profit centre, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar.

umm.ac.id/id/page/06060110/spbu

JURUSAN S1 FISIOTERAPI

 

https://isnainisucidr.files.wordpress.com/2014/07/download.jpg?w=444

Guys awalnya aku gak tau fisioterapi itu apaan, sempat bingung juga pas waktu pemilihan jurusan untuk kuliah. dengar dari orang ke orang fisioterapi itu masih asing banget di telingaku. rasa pingin tau itu pastinya ada, iya sejenis kepo gitu sih. nah masih pingin tau gak sih dengan fisioterapi? okey disini aku akan bahas jurusanku ini.

Di UMM fisioterapi ini program studi terbaru dan satu-satunya S1 Fisioterapi di Jawa Timur. FISIOTERAPI adalah bentuk pelayanan Kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan ( fisik, elektroterapeutis dan mekanis ), pelatihan fungsi, komunikasi.

Perkembangan Fisioterapi di Indonesia

Revolusi Abad XX

Persenjataan : perang dunia 1 dan perang dunia 2 yang berakhir pada tahun 1945

Kemanusiaan (HAM)

–          Hak hidup

–          Hak mendapat pendidikan dan pekerjaan

–          Hak berkeluarga

–          Hak bersosialisai/bermasyarakat

1940 : Berkembang organisasi-organisasi kemanusiaan (WHO, UNICEF, ILO), pelayanan rehabilitasi      penyandang cacat.

1951 : Rehabilitasi Centrum di Jebres oleh Alm. Prof. dr. Soeharso

1954 : Klinik Orthopedi di Jebres (bengkel prothose dan orthose)

1955 : Kursus terapi latihan dan massage selama 6 bulan

–          Pengajar dari Eropa

–          Peserta : Perawat

1956 : Sekolah Pengatur Rawat Fisioterapi selama 3 tahun

–          Pengajar : Fisioterapi dari Inggris, Denmark, Italia dan Jerman

–          Siswa : Lulusan SMA dan Perawat

–          Lulusan : Asisten Fisioterapi

1964 : Akademi Fisioterapi DEPKES Surakarta

–          Mahasiswa : Lulusan SMA dan Asisten Fisioterapi

–          Pengajar : Fisioterapi dari Eropa

–          Lulusan : Sarjana Muda Physioterapi (SMPH)

Pelayanan Perkembangan dari Pasien Orthopedi meluas

–          Muskuluskeletal

–          Neuromuscular

–          Pediatri

–          Geriatri

–          Obsetri dan ginekologi

–          Jantung dan pembuluh darah

–          Paru-paru

1973 : Pilot Project Preventive Rehabilitation Unit, yang bertempat di RS Karyadi Semarang

1976 : Semua RSU di seluruh Indonesia harus memiliki Unit Rehabilitasi dimana fisioterapi sebagai intinya

http://imfi-online.blogspot.co.id/2013/01/perkembangan-fisioterapi-di-indonesia_8.html

Keunggulan Fisioterapi

Jurusan ilmu kesehatan itu gak akan pernah sepi, kenapa? karena semakin pesatnya perkembangan manusia dari hari ke hari maka semakin banyaknya tenaga medis yg di cari. peluang kerjanya juga bukan hanya di rumah sakit aja tapi bisa juga buka praktek sendiri di rumah. selain itu juga, fisioterapi banyak di cari sebagai tenaga kerja teknis contohnya seperti di ambil dari klub besar sepak bola untuk menangani cidera para pemain. pelayananan fisioterapi juga lebih aman karena memakai tenaga alam dan tanpa bahan kimia.

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

 

http://201510230311269.student.umm.ac.id/wp-content/uploads/sites/18402/2016/01/UMM.jpg

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Timur yang berpusat di kampus III Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur ,dekat dengan Terminal Landungsari. UMM juga telah mendapatkan akreditasi A. Karena bangunan atau gedung- gedung di UMM ini di dominasi dengan cat putih , UMM sering juga di sebut sebagai Kampus Putih.

Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai 3 kampus yaitu kampus 1 terletak di Jalan Bandung No 1 Malang dan di khususkan untuk pascasarjana.

 

http://admissions.umm.ac.id/files/image/kampus1_umm.JPG

kampus 2 di Jalan Bendungan Sutami No 188 A Malang dan di khususkan untuk fakultas kedokteran dan fakultas ilmu kesehatan.

http://fikes.umm.ac.id/files/image/Kampus%202%20UMM.JPG

kampus 3 terletak di Jalan Raya Tlogomas No 246 Malang yaitu kampus pusat untuk dipakai aktivitas semuanya.

http://fikes.umm.ac.id/files/image/UMM%20Kampus%203.jpg

Di UMM itu luassss bangeeeetttt loh kalau di kelilingin bisa-bisa kita capek, tapi tenang di UMM juga udah di sediakan sepeda untuk menyusuri kampus tanpa harus capekk tapi sih ya pasti pegal juga tuh kaki sama betis. Di UMM terdapat gedung lainnya seperti GKB 1 dan GBK 2. fasilitas lainnya seperti DOME, rusunawa, stadion, masjid A.R Fachrudin. dan UMM juga mempunyai usaha sendiri seperti pom bensin, taman rekreasi sengkaling, rumah sakit, dan UMM inn.

Di UMM terdapat 12 fakultas yaitu agama islam, ekonomi dan bisnis, hukum, ilmu kesehatan, ilmu sosial dan politk, kedokteran, keguruan, dan ilmu pendidikan, pertanian dan peternakan, psikologi, teknik, pascasarjana, program doktor.

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di indonesia berkembang dari tahun ke tahun sejak indonesia masih dalam penjajahan Belanda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia pada masa penjajahan dipelopori dan diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada waktu itu masyarakat diperkenalkan pada persenjataan modern baik yang ringan maupun yang berat. Teknologi lain yang diperlihatkan dan digunakan oleh Belanda berupa kendaraan tempur dan alat-alat transportasi lainnya. Teknologi-teknologi tersebut berasal dari negara-negara di Eropa. Kemudian pemerintah kolonial Belanda menanamkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan di sekolah-sekolah maupun dengan cara penggunaan secara langsung kepada masyarakat di indonesia.

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dari barat di Indonesia membawa dampak bagi kemajuan negara Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai melakukan pergerkan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di samping itu penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia juga membawa dampak bagi semangat juang bangsa Indonesia. Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk mencari informasi-informasi terkini mengenai keadaan dunia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia benar-benar terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

DAMPAK POSITIF:

Dalam Bidang Pendidikan : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalih fasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi Informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Namun, TIK juga memiliki dampak positif dan negative terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan.

Dalam Bidang Pemerintahan :

  1. Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor, informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
  2. Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum, adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik, keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.

Dalam Bidang Ekonomi :

  1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
  2. Terjadinya industrialisasi.

DAMPAK NEGATIF :

Dalam Bidang Pendidikan :

  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.

Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.

Dalam Bidang Pemerintahan :

  1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
  2. Biaya Walaupun politik dalam pemerintahan yang menggunakan informasi dan teknologi dapat melakukan pengeluaran yang lebih sedikit daripada konvensional, namun sebelumnya untuk membuat infrastruktur dan teknisinya akan memiliki biaya yang sangat mahal.

Dalam Bidang Ekonomi :

  1. Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
  2. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
http://yusherestiani.blogspot.co.id/2014/11/perkembangan-dan-kemajuan-teknologi.html
rakadwiaprian543.blogspot.co.id/…/artikel-dampak-positif-dan-negatif-dari

BUDAYA, MAKANAN DAN CIRI KHAS KOTA BONTANG

 

ghanesagroup.co.id/…s/2015/11/bontang.jpg

kalian masih ada yg asing gak dengan kata Bontang? yapp Bontang itu indonesia bagian mana ya? pada banyak yg nanya loh itu dimana. Nah sekarang aku mau kasih tau ke kalian yg penasaran dengan Kota Bontang tempat kelahiranku.

Kota Bontang adalah kota yg terletak di Kalimantan Timur tepatnya sekitar 120 km dari Kota Samarinda. Bontang yaitu kota kecil dan kota industri. Bontang juga di kenal dengan nama Kota Taman, dengan singkatan tertib agamis mandiri aman nyaman. Penduduk rata rata Kota Bontang ialah pendatang, kebanyakan dari jawa dan bugis.

Di kota ini terdapat 3 perusahaan besar yaitu Badak NGL, Pupuk Kalimantan Timur, dan Indominco Mandiri. Kota Bontang terkenal dengan Marching Band yg dikenal dengan MBBPKT, Selalu menjuarai di tingkat nasional maupun internasional.

https://adityapyoga.files.wordpress.com/2013/07/4809857_20121031045953.jpg

PT. Badak NGL Bontang

Marching Band Bontang Pupuk Kaltim

http://neni-basri.com/images/antarafoto-PupukKaltim251211-1.jpg

Di Bontang terdapat wisata budaya yaitu Pesta Laut di Bontang Kuala dan Pelepasan Benua Erau di Guntung. Pesta Laut adalah pesta adat yg diselenggarakan tiap tahunnya oleh masyarakat Bontang, dan dapat menarik wisatawan dari Bontang maupun luar daerah Bontang.

Upacara Pesta Laut Bontang Kuala

http://1.bp.blogspot.com/-5fVeACN7F1k/VpIbeXQerJI/AAAAAAAABEg/-fcDWK14Su8/s400/Upacara%2Blaut%2Bbontang%2Bkuala.jpg

Nah mau tau makanan khas dari Bontang.? makanan khas dari Bontang yaitu gammi bawis. makanan ini sangat banyak di gandrungin oleh pecinta kuliner. yg istimewanya adalah ikan bawis yg hanya hidup di perairan Bontang dengan rasa dagingnya yg enak dan lembut di padukan dengan terasi Bontang yg khas dan sambal gammi yg di masak di atas cobek yg telah di bakar sebelumnya. dan banyak di temukan di tempat makan di sekitar Bontang Kuala. sekali makan pasti akan ketagihan dehhh…….

dan gak kalah pentingnya kalau datang ke Bontang jangan lupa bawa oleh-oleh yaitu buah tangan khas Bontang Kuala yaitu Ikan kering, terasi, manisan rumput laut, ebi dan banyak lagi makanan hasil laut lainnya.

Diproduksi secara home industry oleh perorangan maupun kelompok, sebagai bentuk diservikasi hasil laut. Oleh-oleh khas ini diproses secara alami tanpa menggunakan bahan zat kimia (formalin). Jadi sangat aman untuk dikonsumsi. Tidak ketinggalan setiap kali pameran atau event tertentu oleh-oleh khas ini paling diburu oleh konsumen baik dari dalam daerah maupun luar daerah. Karena oleh-oleh khas bontang kuala memiliki cita rasa yang unik terutama terasi yang banyak dipesan oleh konsumen diluar kota bontang.

Untuk itu, jika anda berkunjung ke Kota Bontang, anda harus mampir ke Bontang Kuala. Untuk menikmati suasana di kampung mengapung ini dan tidak lupa membawa oleh-oleh khas bontang kuala yang kami sebutkan tadi.

 

 2.bp.blogspot.com/…00/20131103_194253.jpg

tempat penyedia oleh-oleh bontang kuala

 

oleh-oleh khas bontang kuala

 kelurahanbontangkuala.com/berkunjung-ke-bontang-jangan-lupa-oleh-oleh-khas-bontang-kuala-ini